SEKILAS TENTANG “PBAJJUK”

PBAJJUK adalah singkatan dari PELATIHAN BAHASA ARAB JARAK JAUH UNTUK KELUARGA.

Barangkali ada di antara kawan-kawan yang bertanya begini:

“Apa bedanya PBAJJUK dengan PBAJJ yang sebelumnya pernah diadakan ?”

Baiklah, saya akan berikan sedikit penjelasan. Namun sebelumnya, izinkanlah saya mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan yang telah mengikuti PBAJJ (PELATIHAN BAHASA ARAB JARAK JAUH), baik yang sampai selesai (Kelas 1-6) maupun yang tidak. Semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan dan kemudahan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menuntut ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Saya ingin sedikit bercerita. Semoga kawan-kawan berkenan untuk menyimaknya.

>>> Awal Munculnya Ide

Kira-kira dua tahun yang lalu, ketika masih tinggal di Perumahan Alam Tirta Lestari Ciomas Bogor, muncul pertama kali ide untuk membuat pelatihan bahasa Arab jarak jauh. Awalnya pelatihan itu ditujukan untuk para ummahat yang setiap harinya memiliki banyak waktu luang. Waktu itu saya melihat, tidak sedikit istri dari kawan-kawan saya yang memiliki banyak waktu luang di rumah. Sayangnya, diantara mereka ada yang menggunakan waktu luangnya untuk hal yang sia-sia. Misalnya, ada yang waktunya banyak dihabiskan di depan TV saat sang suami sedang keluar bekerja. Maka, terpikirlah oleh saya untuk membuat pelatihan bahasa Arab jarak jauh untuk mereka. Harapan saya, waktu luang mereka bisa mereka manfaatkan untuk hal yang bermanfaat. Mereka bisa belajar bahasa Arab saat suami tidak berada di rumah. Kemudian saat suami pulang dari bekerja, mereka bisa belajar bersama.

Sebenarnya masih ada faktor pendorong lain yang membuat saya tergerak untuk membuat pelatihan bahasa Arab jarak jauh ini. Namun sepertinya, inilah faktor perndorong terkuat saya waktu itu.

Kemudian, saya pun kemudian bekerja keras untuk membuat modul pelatihan yang kira-kira mudah untuk difahami. Saya buat draf  kasarnya di atas kertas. Kemudian, saya pindahkan ke komputer sedikit demi sedikit. Hingga jadilah modul pelatihan bahasa Arab Jarak Jauh. Jumlahnya ada 6 modul, untuk kelas 1 hingga kelas 6. Waktu itu belum semua modul saya cantumkan tulisan Arabnya.

Setelah itu saya coba buat iklannya. Dalam ilklan saya tawarkan pelatihan jarak jauh dengan  fasilitas berupa modul dan kesempatan untuk berkonsultasi. Kalau tidak salah waktu itu saya kenakan biaya perkelas Rp. 50.000,- Karena memang untuk membuat modul dll. butuh dana cukup besar. Apalagi kalau nanti ada yang ingin konsultasi via SMS atau Internet. Tentu saja saya akan keluar uang lagi natinya. Makanya, untuk jaga-jaga, saya kenakan biaya sebesar itu. Dan waktu itu saya pikir uang segitu tidak terlalu besar bagi kawan-kawan saya yang (hampir semua) sudah berpenghasilan.

Iklan itu saya sebar ke beberapa kawan yang sudah berkeluarga. Namun ternyata, tidak ada satupun yang merespon. Entahlah, apakah karena memang mereka tidak ada waktu untuk belajar bahasa Arab, atau biayanya yang kemahalan, atau tidak tertarik belajar bahasa Arab, atau apa saya tidak tahu. Yang jelas, tidak ada satupun kawan yang ikut pelatihan yang saya buat itu.

>>> Pelatihan Lewat Internet

Akhirnya, saya ada ide untuk membuka pelatihan di internet. Barangkali saja dari sekian juta warga Indonesia ada yang tertarik untuk ikutan PBAJJ yang saya buat. Iklan pelatihannya saya pampang di blog pribadi saya http://pustakalaka.wordpress.com.

Namun, disamping membuat pelatihan jarak jauh lewat internet, saya juga mengadakan kelas bahasa Arab langsung di dekat rumah (setelah pindah dari Alam Tirta). Buku panduan yang saya gunakan adalah modul pelatihan jarak jauh. Ada dua kelas yang saya ajar. Dan Alhamdulillah di kedua kelas itu saya dan kawan-kawan bisa menyelesaikan semua materi dalam modul, dari modul 1 hingga modul 6. Mereka merasa senang dengan materi yang saya berikan dalam modul. Mereka tidak merasa kesulitan dalam memahaminya.

Lalu, bagaimana dengan nasib pelatihan bahasa Arab jarak jauh di internet?

Alhamdulillah, dari semenjak pelatihan ini saya buka hingga sekarang, ada sekitar 60-an orang yang ikut serta dari seluruh Indonesia. Namun, tidak semuanya bisa menyelesaikan pelajaran. Hanya beberapa yang sampai selesai. Sisanya, ada yang hanya sampai kelas 2 dan kelas 3. Kebanyakan mentok di kelas satu.

Saya tidak tahu, apa penilaian mereka terhadap materi yang saya berikan dalam modul. Apakah masih terlalu sulit atau bagaimana? Tapi saya rasa tidak terlalu sulit. Sebab materi yang saya berikan itu sudah saya buat semudah mungkin agar bisa dipahami oleh orang yang baru belajar bahasa Arab sekalipun.

“Saya seperti baru menemukan kunci setelah belajar dari modul ini………”

“Terima kasih, materinya mudah difahami……”

“Enak pembahasannya, gampang……”

Inilah diantara respon yang saya dapat tentang isi materi yang ada dalam modul pelatihan. Lalu, kenapa banyak yang berhenti hanya di kelas satu? Entahlah, saya tidak tahu. Apakah karena biayanya kemahalan? Ataukah mereka kurang cocok dengan metodenya ? Entahlah. Barangkali kawan-kawan yang pernah ikut ingin memberi komentar atau masukannya ? Silakan….

>>> Menyusun Buku Fahimna Dasar (Metode 6 Hari)

Tapi kemudian saya berfikir begini. Untuk bisa menyesaikan modul 1 sampai 6 memang butuh waktu cukup lama. Saya menargetkan 6 bulan bagi mereka yang memang punya banyak kesibukan dan memang masih awam dengan bahasa Arab. Bagi sebagian orang sepertinya waktu 6 bulan terbilang lama. Sebab kebanyakan orang –berdasarkan pengalaman saya belajar dan mengajar- pinginnya cepat melihat hasil. Jadi pinginnya, beberapa kali belajar bahasa Arab sudah langsung bisa. Mungkin ini masalahnya.

Saya juga berfikir begini. Dalam modul itu saya menyarankan para peserta pelatihan untuk menghafal pola-pola tashrif yang cukup banyak. Bagi orang yang masih muda mungkin tidak terlalu masalah dalam menghafalnya. Namun, bagaimana dengan yang sudah berumur? Tentu akan kesulitan.

Setelah sedikit melakukan perenungan, akhirnya saya pun tergerak untuk menyusun buku yang lebih ringan untuk membantu mereka yang ingin memahami gambaran umum bahasa Arab dalam waktu tidak terlalu lama. Lahirlah kemudian buku FAHIMNA DASAR (METODE 6 HARI). Buku inilah yang sekarang saya jadikan sebagai buku panduan di 2 kelas bahasa Arab yang saya asuh.

Buku FAHIMNA DASAR ini sebenarnya bisa dipelajari dalam waktu 6 hari. Maksudnya begini. Untuk bisa menyelesaikannya dalam waktu 6 hari ini, maka saya sarankan kepada kawan-kawan untuk membuat dauroh bahasa Arab selama 6 hari di rumah masing-masing. Setiap hari disarankan belajar selama sekitar 6 jam. Insya Allah, jika memang ada kemauan dan kesungguhan, semua materi bisa dikuasai dengan baik dal 6 hari itu. Selanjutnya tinggal memantapkan saja.

Namun lagi-lagi, untuk sebagian orang mungkin waktu 6 hari itu terbilang lama.  Apalagi jika harus belajar selama 6 jam dalam sehari. Jika tidak ada keinginan kuat dan kesungguhan, sepertinya mustahil buku FAHIMNA DASAR ini bisa diselesaikan dengan baik.

>>> Lahirlah PBAJJUK

Hmmm……lagi-lagi saya coba berfikir. Kira-kira gimana caranya agar kawan-kawan bisa memahami gambaran umum bahasa Arab dalam waktu “sekejap”. Kalau bisa dalam waktu sehari-dua hari bisa memahami arah pembelajaran bahasa Arab.

Akhirnya, lahirlah kemudian 4 BUAH MODUL yang masing-masing berisi: Ilmu Nahwu, Ilmu Shorof, Muhadatsah (Percakapan), dan Mufrodat (Kosa Kata). Insya Allah, ke-4 MODUL ini bisa dikuasai dengan cepat. Dalam waktu sehari kawan-kawan bisa menyelesaikannya. Materinya saya buat semudah dan seringan mungkin. Namun, hasil yang nantinya dicapai akan sangat bermanfaat. Sebab, akan mendorong kawan-kawan untuk lebih tertarik mendalami bahasa Arab. Ini harapan saya.

“Enakan yang ini dah…….”.

Demikian komentar istri saya saat saya sodorkan ke-4 MODUL ini untuk dia baca dan pelajari.

>>> Target yang Ingin dicapai

Sebagai gambaran umum, saya ingin menyampaikan beberapa target yang ingin dicapai dengan mempelajari ke-4 modul ini.

  1. Bisa membuat KALIMAT SEMPURNA dalam bahasa Arab.
  2. Bisa membuat CERITA PENDEK dalam bahasa Arab.
  3. Bisa membuat PERCAKAPAN SEDERHANA dalam bahasa Arab.
  4. Bisa memahami ISTILAH DASAR dalam ILMU TATA BAHASA ARAB.

Demikianlah diantara target yang ingin dicapai.

Atau ringkasnya begini. Setelah mempelajari ke-4 MODUL INI, harapan saya kawan-kawan bisa –diantaranya- membuat dan memahami cerita pendek berikut ini:

علي و فاطمة

علي طالب و فاطمة طالبة. علي طالب في الجامعة و فاطمة طالبة في المدرسة.

يذهب علي إلى الجامعة صباحا و تذهب فاطمة إلى المدرسة نهارا. يذهب علي إلى الجامعة بالحافلة و تذهب فاطمة إلى المدرسة بالدراجة. يدرس علي اللغة العربية في الجامعة يوم الجمعة و تدرس فاطمة اللغة العربية في المدرسة يوم السبت.

علي طالب مجتهد و فاطمة طالبة مجتهدة

Kemudian, kawan-kawan bisa membuat tanya-jawab (percakapan) berdasarkan cerita di atas.

Ke-4 MODUL ini kemudian saya jadikan sebagai bahan PELATIHAN BAHASA ARAB JARAK JAUH. Namun, di depannya saya beri tambahan “UNTUK KELUARGA”. Jadi harapan saya (seperti awal pertama kali saya buat pelatihan), ke-4 MODUL ini bisa dipelajari oleh PARA SUAMI-ISTRI di rumah masing-masing. Atau bisa juga bersama anggota keluarga yang lain. Intinya bersama keluarga.

Mudah-mudahan, PBAJJUK ini bisa menjadi bekal bagi setiap PASUTRI dalam mendidik anaknya menjadi anak-anak yang FAHAM BAHASA AL-QUR’AN sejak kecil.

Semoga PBAJJUK ini bermanfaat untuk kita semua. Amiin.

Wallahu a’lam bish shawab.

Bogor, Selasa 20 November 2012

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Pengasuh PBAJJUK)

NB.

  1. Bagi kawan-kawan yang tertarik untuk ikutan PBAJJUK, silakan lihat infonya di https://muhammadmujianto.wordpress.com.
  2. Kawan-kawan bisa mengajukan kritik dan saran ke https://muhammadmujianto.wordpress.com atau http://pustakalaka.wordpress.com.

Leave a Reply

